25 Mar 2011

karakter buah lengkeng

Lengkeng yang manis. Manfaatnya banyak bagi kesehatan. Antara lain mampu mengendurkan saraf yang tegang, menyehatkan usus dan mata, serta menambah selera makan dan tenaga.

Di Indonesia, buah lengkeng dikenal dengan nama kelengkeng atau longan. Di Cina disebut long yan rou, yang berarti mata naga. Buah ini termasuk keluarga Sapindaceae, memiliki nama Latin Dimocarpus longan; diyakini berasal dari Asia Tenggara.

Tanaman lengkeng dapat mencapai tinggi 40 m dengan diameter batang sekitar 1 m, berdaun majemuk. Bagian bunganya muncul di ujung cabang (ranting) dalam bentuk rangkaian bunga (tandan).

Bunga biasanya menyerbuk silang dengan perantaraan lebah madu, semut, atau lalat. Tanaman ini berbunga setahun sekali, biasanya bulan Agustus-Oktober, dan buah matang 4 bulan setelah bunga mekar.

Buah muncul bergerombol pada malainya, berbentuk bulat sebesar kelereng berwarna hijau. Setelah matang (tua), buah berwarna cokelat kekuningan dengan permukaan kulit licin atau berbintil kasar, tergantung jenisnya.

Di dalam kulit terdapat daging buah yang tipis, berwarna putih bening dan berair, menyelimuti biji yang permukaannya hitam, licin, serta mengilap. Rasa daging buah sangat manis dengan aroma harum yang khas.

0 komentar: